selmat datang di futsal smpn 1 ketapang

futsal ok

Jumat, 11 Maret 2011

latar belakang sepak bola



Dribbling Sebagai Salah Satu Teknik Dasar Sepakbola

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sepakbola adalah suatu permainan beregu yang dimainkan masing-masing regunya terdiri dari sebelas orang pemain termasuk seorang penjaga gawang. Sepakbola adalah permainan yang sangat populer, karena permainan sepakbola sering dilakukan oleh anak-anak, orang dewasa maupun orang tua.
Saat ini perkembangan permainan sepakbola sangat pesat sekali, hal ini ditandai dengan banyaknya sekolah-sekolah sepakbola (SSB) yang didirikan. Tujuan dari permainan sepakbola adalah masing-masing regu atau kesebelasan yaitu berusaha menguasai bola, memasukan bola ke dalam gawang lawan sebanyak mungkin, dan berusaha mematahkan serangan lawan untuk melindungi atau menjaga gawangnya agar tidak kemasukan bola. Permainan sepakbola merupakan permainan beregu yang memerlukan dasar kerjasama antar sesama anggota regu, sebagai salah satu ciri khas dari permainan sepakbola.
Untuk bisa bermainan sepakbola dengan baik dan benar para pemain menguasai teknik-teknik dasar sepakbola. Untuk bermain bola dengan baik pemain dibekali dengan teknik dasar yang baik, pemain yang memiliki teknik dasar yang baik pemain tersebut cenderung dapat bermain sepakbola dengan baik pula.
Teknik-teknik dasar dalam permainan sepakbola ada beberapa macam, seperti stop ball (menghentikan bola), shooting (menendang bola ke gawang), passing (mengumpan), heading (menyundul bola), dan dribbling (menggiring bola).
Khusus dalam teknik dribbling (menggiring bola) pemain harus menguasai teknik tersebut dengan baik, karena teknik dribbling sangat berpengaruh terhadap permainan para pemain sepakbola. Teknik dribbling (menggiring bola) terbagi menjadi tiga macam :
1. Teknik dribbling dengan kura-kura bagian dalam.
2. Teknik dribbling dengan kura-kura penuh (punggung kaki).
3. Teknik dribbling dengan kura-kura bagian luar.
Disamping itu, kecepatan dalam dribbling (menggiring bola) sangat dibutuhkan untuk menunjang penguasaan teknik tersebut. Kecepatan adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sejenis secara berurut-urut dalam waktu yang sesingkat-singkatnya atau kemampuan untuk menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
B. Rumusan Masalah
Masalah yang akan dibahas dalam makalah ini penulis rumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana sejarah permainan sepakbola ?
2. Apa saja teknik dasar permainan sepakbola ?
3. Apa yang dimaksud dribbling ?
4. Bagaimana kelebihan dan kekurangan dribbling ?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini antara lain untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman penulis mengenai masalah yang dibahas dalam makalah ini. Disamping itu, tujuan penulisan ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Telaah Artikel.
D. Teknik Dasar Permainan Sepakbola
Pada dasarnya permainan sepakbola merupakan suatu usaha untuk menguasai bola dan untuk merebutnya kembali bila sedang dikuasai oleh lawan. Oleh karena itu, untuk dapat bermain sepakbola harus menguasai teknik-teknik dasar sepakbola yang baik.
Untuk dapat menghasilkan permainan sepakbola yang optimal, maka seorang pemain harus dapat menguasai teknik-teknik dalam permainan. Teknik dasar bermain sepakbola adalah merupakan kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan atau mengerjakan sesuatu yang terlepas sama sekali dari permainan sepakbola.
Adapun mengenai teknik dasar sepakbola dapat penulis jelaskan sebagai berikut :
1. Teknik tanpa bola, yaitu semua gerakan-gerakan tanpa bola terdiri dari :
a. Lari cepat dan mengubah arah.
b. Melompat dan meloncat.
c. Gerak tipu tanpa bola yaitu gerak tipu dengan badan.
d. Gerakan-gerakan khusus untuk penjaga gawang.
2. Teknik dengan bola, yaitu semua gerakan-gerakan dengan bola, terdiri dari :
a. Mengenal bola
b. Menendang bola (shooting)
c. Menerima bola : menghentikan bola dan mengontrol bola
d. Menggiring bola (dribbling)
e. Menyundul bola (heading)
f. Melempar bola (throwing)
g. Gerak tipu dengan bola
h. Merampas atau merebut bola.
i. Teknik-teknik khusus penjaga gawang.
Dalam penulisan makalah ini penulis mengambil salah satu teknik dasar sepakbola yaitu teknik menggiring bola (dribbling), karena teknik ini dapat dilakukan dengan berbagai variasi dalam melakukannya, antara lain menggiring bola menggunakan kaki bagian luar, bagian dalam, dan punggung kaki.
E. Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
Sepakbola modern dilakukan dengan keterampilan lari dan operan bola dengan gerakan-gerakan yang sederhana disertai dengan kecepatan dan ketepatan. Aktivitas dalam permainan sepakbola tersebut dikenal dengan nama dribbling (menggiring bola). Menggiring bola diartikan dengan gerakan lari menggunakan kaki mendorong bola agar bergulir terus menerus di atas tanah. Menggiring bola hanya dilakukan pada saat-saat yang menguntungkan saja, yaitu bebas dari lawan.
Pada dasarnya menggiring bola adalah menendang terputus-putus atau pelan-pelan, oleh karena itu bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Tujuan menggiring bola antara lain untuk mendekati jarak ke sasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.
Menggiring bola (dribbling) memiliki beberapa kegunaan yaitu sebagai berikut :
1. Untuk melewati lawan
2. Untuk mencari kesempatan memberikan bola umpan kepada teman dengan tepat.
3. Untuk menahan bola tetap dalam penguasaan, menyelamatkan bola apabila tidak terdapat kemungkinan atau kesempatan untuk dengan segera memberikan operan kepada teman.
Untuk bisa menggiring bola dengan baik harus terlebih dahulu bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik. Dengan kata lain, seorang pemain tidak akan bisa menggiring bola dengan baik apabila belum bisa menendang dan mengontrol bola dengan baik.
F. Kelebihan dan Kurangan Teknik Menggiring Bola (Dribbling)
Tidak setiap teknik dasar dalam permainan sepakbola akan selalu berhasil dilakukan dalam setiap pelaksanaan pertandingan. Akan tetapi, teknik-teknik dasar tersebut dipengaruhi oleh berbagai hal dan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tidak terkecuali pada teknik dasar menggiring bola (dribbling).
Berikut ini dapat penulis jelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan teknik menggiring bola (dribbling) :
1. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian luar yaitu bila menggunakan kaki kanan dapat mengecoh ke sebelah kiri lawan atau sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kanan bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
2. Kelebihan dribbling menggunakan kaki bagian dalam adalah dapat mengecoh lawan ke sebelah kanan lawan apabila menggunakan kaki kanan atau sebaliknya. Sedangkan kelemahannya adalah tidak bisa mengecoh lawan ke sebelah kiri bila menggunakan kaki kanan, begitupula sebaliknya.
3. Kelebihan dribbling menggunakan bagian punggung kaki adalah dapat menggiring bola dengan arah lurus apabila tidak ada lawan yang menghalangi. Sedangkan kelemahannya adalah kurang efektif untuk mengecoh lawan ke sebelah kiri atau sebelah kanan.
DAFTAR PUSTAKA
Luxbacher, Joseph A., 2004, Sepakbola, edisi kedua, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.
Soekatamsi, 1997, Permainan Besar I Sepakbola, Jakarta, Universitas Terbuka.
Sudjarwo, Iwan dan Nurdin, Enur, 2005, Permainan Sepakbola, Diktat, Tasikmalaya, PJKR FKIP Universitas Siliwangi.


JURUS PINTAR MAIN SEPAK BOLA

Antara Passing, Dribbling, dan Running

Nopember 19, 2007
Karakteristik passing: 1.waktu tempuh lebih cepat, 2.perpindahan bola tidak selalu disertai perpindahan pemain, konfigurasi posisi para pemain di lapangan relatif terjaga, 3.hemat tenaga. Adapun karakteristik dribbling: 1.waktu tempuh lebih lambat, 2.terjadi perpindahan bola dan pemainnya sekaligus, terjadi overlap ataupun switch posisi pemain, 3.boros tenaga.
Kapan passing dan kapan dribbling? Pertama: utamakan passing. Lakukan dribbling hanya jika Anda tidak mungkin untuk melakukan passing, yakni jika belum ada teman yang bisa atau bagus untuk diberi umpan. Kedua: silakan dribbling, tapi jika bola yang Anda bawa terancam terebut (ada hadangan pemain lawan atau ada pressing dari lawan) maka umpankan bola kepada teman yang bisa diumpani. Ingat, berusaha melewati hadangan atau pressing lawan belum tentu menyelamatkan bola, tetapi mengumpankannya kepada teman sudah pasti menyelamatkan bola. Jangan gambling dan jangan berspekulasi! Cari aman! Ketiga: lakukan dribbling untuk menarik lawan ke arah Anda dan pada saat yang sama menciptakan ruang yang bagus untuk teman Anda. Keempat: untuk striker: 1) jika satu-satunya peluang passing berarti offside maka giring saja bolanya. 2) jika dribbling lebih prospektif untuk mencetak gol daripada mengumpankan bolanya, it doesn’t matter to dribble and then score!
Pemain belakang jangan banyak giring. Adalah berbahaya jika pemain belakang bermain-main dengan bola di daerah pertahanannya.
Alirkan terus bolanya! Meski tim Anda tidak sedang di-press, tim Anda harus terus mengalirkan bola dari kaki ke kaki, dalam rangka: 1.mencari-cari celah yang bisa dimasuki untuk melakukan penyerangan. 2.menghargai setiap detik yang berjalan dalam waktu 2 x 45 menit.
Pergerakan tanpa bola (running). 1.Para pemain harus terus bergerak agar selalu ada yang siap untuk diberi umpan dalam jarak passing (Ini namanya support). Ciptakan selalu formasi segitiga passing ketika tim Anda menguasai bola. Lakukan terus hal itu sepanjang pertandingan. (Tentang jarak passing: jangan terlalu dekat jika tidak ada lawan yang berusaha memotong, dan jangan pula terlalu jauh karena umpan akan bisa dipotong lawan). 2.Lakukan pergerakan untuk menciptakan ruang bagi teman Anda.

MENGUMPAN
Mengumpan dan menerima bola : yang terpenting dari sepakbola. Siapa tidak bisa passing, ia tidak bisa bermain sepakbola. Mengapa umpan? Karena mengumpan lebih efisien daripada menggiring. Camkan pula bahwa pembawa bola yang baik selalu mengumpan bola sebelum ia ‘habis’. Jadi jangan kalau sudah ‘habis’ baru mengumpankan bolanya. Sebab jika demikian, bolanya pasti bola yang ‘tidak enak’.
Beberapa kesalahan dalam mengumpan: 1.Laju bola tidak sesuai dengan jarak passing (terlalu keras atau terlalu lembek). Jika terlalu keras, bola tak terjangkau teman. Jika terlalu lembek, bola terpotong lawan. 2.Umpan tidak akurat. 3.Mengumpan padahal waktunya menembak
Jangan pernah asal tendang bola (kecuali dalam keadaan genting didepan gawang : sapu bersih). Lihat situasi lalu ambil keputusan yang terbaik. Soal visi, posisikan diri selalu memiliki pandangan terbuka pada lapangan (open to the field).
Mengumpan tidak harus pas ke orangnya. Contoh : 1.Jika teman kita sedang berlari, kita memberinya umpan pada ruang kosong didepannya. 2.Jika kita ingin teman kita merangsek ke depan dalam waktu yang lebih cepat, kita memberinya umpan pada ruang kosong didepannya sehingga ia berlari kedepan untuk mengejar bola tersebut. 3.Umpan terobosan.
Menerima bola tidak selalu harus menghentikannya: 1.Bisa langsung diarahkan pada teman. 2.Diarahkan ke arah kita akan berlari membawa bola (sehigga lebih hemat waktu). 3.Diarahkan ke arah kosong menjauh dari lawan terdekat (untuk mengurangi pressing pada diri kita)
Beberapa macam passing: umpan 1-2 (wall pass), umpan terobosan (through pass), umpan silang (crossing), dan umpan diagonal.

KUNCI MEMBANGUN TIM YANG KUAT

Kunci pertama adalah kerja keras dan militansi. Ingat-ingatlah bahwa tim yang skillful bisa kalah oleh tim yang ngoyo. Sebaliknya, tim yang diatas kertas dinyatakan lebih unggul bisa kalah jika ia bermain tanpa daya juang. Kunci kedua: tidak ada prestasi tanpa berlatih. Practice makes perfect! Itulah mengapa tim-tim besar yang sudah kesohor sekalipun masih saja terus berlatih. Meski pemain-pemainnya sudah hebat kemampuannya, terus berlatih adalah hal mutlak yang tidak bisa ditinggalkan. Itu pulalah yang menjadi alasan mengapa pemain profesional yang sering mangkir latihan pasti tidak akan dimasukkan dalam squad inti sebuah tim.
Kunci ketiga: percayalah kepada diri sendiri (self confidence). Percayalah, kemampuan dan keterampilan akan berkurang dan bahkan hilang ketika kepercayaan diri telah hilang. Sebaliknya, performa akan memuncak ketika kepercayaan diri juga memuncak. Kunci keempat, disamping kita percaya kepada diri sendiri, kita juga harus memberikan kepercayaan kepada teman-teman kita. Jangan pernah bersikap pilih kasih. Kelima, Anda harus bekerjasama dan tidak boleh egois. Sepakbola adalah olahraga tim. Kekuatannya akan hilang jika orang-orang yang ada dalam tim bermain sendiri-sendiri, meski bersama-sama.

BEKAL BERMAIN SEPAK BOLA
Apa saja yang kita butuhkan untuk bisa bermain sepakbola dengan baik? Pertama-tama adalah keunggulan fisik, yang meliputi: ketahanan (endurance), kekuatan (strength) dan kecepatan (speed). Ketahanan berarti kita kuat bermain selama waktu yang cukup panjang tanpa tersengal-sengal alias kehabisan nafas (ketahanan aerobik) ataupun ngilu-ngilu (ketahanan otot). Kekuatan berarti otot-otot tubuh kita cukup kuat untuk menendang dengan keras, melempar bola cukup jauh, melakukan body charge dengan kuat, dan sebagainya. Adapun kecepatan bermakna kita bisa berlari dengan cepat (sprint) baik ketika membawa bola ataupun ketika tidak membawa bola.
Bekal kedua adalah ketrampilan (skill). Yang disebut dengan skill disini terutama adalah fundamen (teknik-teknik dasar) sepakbola, yang meliputi mengumpan dan menerima (passing and receiving), menembak (shooting), mengontrol bola dengan berbagai anggota badan, melindungi bola, dan menggiring (dribbling). Ketiga, kita membutuhkan kerjasama (teamwork). Sebuah tim akan bermain dengan baik jika semua pemain saling bekerjasama dengan jalinan komunikasi yang baik. Tidak ada yang egois. Semuanya bermain untuk tim. Keempat, taktik dan strategi yang baik. Jika dua tim sama-sama memiliki materi pemain yang kuat fisiknya, terampil mengolah bola, dan bisa bekerjasama, maka faktor strategi dan taktik akan menentukan tim mana yang akan menang. Tim yang bermain dengan strategi dan taktik yang lebih cerdas pastilah yang akan menang. Dan selain keempat hal itu, yang tidak boleh ketinggalan adalah mental yang positif. Semua pemain harus memiliki kepercayaan diri, optimisme dan semangat.

MENEKAN DAN DITEKAN

Jangan biarkan tim lawan menguasai bola. Jika tim lawan memegang bola, lakukan pressing sesegera dan seketat mungkin. Begitu seorang pemain lawan diberi umpan, segera hampiri dan press! Tapi ingat, yang lainnya harus menutup kemungkinan pemain yang dipress tadi untuk melakukan passing kepada temannya. Jika yang lain tidak menutup, ya sama aja bohong. Kasihan dong teman kita yang melakukan pressing. Dia bakal sia-sia.
Bagaimana jika Anda di-press ? 1.Berikan segera bolanya kepada teman Anda yang posisinya lebih bagus (yang tidak sedang di-press). 2.Giringlah bola terlebih dahulu ke ruang kosong yang ada untuk lepas dari press. Ambil visi, pikirkan secepat mungkin yang mesti Anda perbuat, dan segera lakukan. 3.Jika Anda hanya di-press 1 orang lawan dan Anda yakin bisa mengalahkannya, kalahkan dia. Tapi jika Anda tidak yakin, jangan memaksakan diri. Cari aman! Ingat juga: hindari berduel dengan cara ’gaprakan’. Itu gambling besar. Kalahkan dia dengan manuver yang cantik dan cerdas. [Catatan penting: Untuk tahap awal, lebih baik jika Anda melakukan langkah 1 & 2 diatas]

SEMUA MENYEBAR

Ketika bermain sepakbola, sadarilah bahwa Anda sedang bermain di lapangan sepakbola, bukan lapangan futsal. Manfaatkan luas lapangan. Ketika tim Anda memegang bola, berpencarlah diatas luas lapangan! Mengapa? Untuk mengurangi pressing tim lawan terhadap tim Anda. Tim Anda akan lebih leluasa untuk melakukan umpan-umpan dan mengontrol bola, juga punya waktu yang cukup untuk mengambil visi terhadap lapangan dan berpikir apa yang akan diperbuat terhadap bola.
Jangan bikin ruwet permainan akibat semua pemain ’ngruwel’ di sekitar bola. Jangan main sepakbola seperti anak-anak! Tahu bagaimana itu? Dimana ada bola disitu semua bergerombol. Kemana bola berhembus kesitu semua berebutan. Tahu nggak, sangat tidak enak untuk ditonton.
Kalau ada 1 pemain lawan membawa bola, paling banyak 2 orang saja yang berusaha melakukan pressing terhadapnya. Yang lainnya bergerak untuk menutup kemungkinan pemain lawan tersebut melakukan passing kepada teman-temannya. Ingat: TUTUP!

BERLARI TANPA BOLA
Dalam sepakbola, Anda tidak hanya bergerak dan berlari ketika membawa bola. Para pemain harus terus bergerak meski tidak sedang membawa bola. Inilah salah satu hal yang membedakan sepakbola anak-anak dengan sepakbola orang dewasa. Ini pula yang membedakan sepakbola orang dewasa yang ngerti sepakbola dengan orang dewasa yang seperti anak-anak. Namun perlu diingat, bergerak disini tidaklah asal bergerak atau asal berlari. Semuanya harus dilakukan dalam bingkai strategi dan taktik.
Berlari tanpa bola (run) ada dua macam : 1.run untuk menciptakan ruang bagi yang lain. Lakukan run ini secara ‘berisik’ (kentara) dan melewati depan lawan untuk menarik perhatiannya agar mengikuti Anda. 2.run untuk siap diberi umpan. Lakukan run ini secara ‘sunyi’ (tidak kentara) agar tidak menarik perhatian lawan. Secara umum, jangan terlalu dini melakukan run ini agar lawan tidak sempat untuk mengantisipasinya.

antara-passing-dribbling-dan-running

Karakteristik passing: 1.waktu tempuh lebih cepat, 2.perpindahan bola tidak selalu disertai perpindahan pemain, konfigurasi posisi para pemain di lapangan relatif terjaga, 3.hemat tenaga. Adapun karakteristik dribbling: 1.waktu tempuh lebih lambat, 2.terjadi perpindahan bola dan pemainnya sekaligus, terjadi overlap ataupun switch posisi pemain, 3.boros tenaga.
Kapan passing dan kapan dribbling? Pertama: utamakan passing. Lakukan dribbling hanya jika Anda tidak mungkin untuk melakukan passing, yakni jika belum ada teman yang bisa atau bagus untuk diberi umpan. Kedua: silakan dribbling, tapi jika bola yang Anda bawa terancam terebut (ada hadangan pemain lawan atau ada pressing dari lawan) maka umpankan bola kepada teman yang bisa diumpani. Ingat, berusaha melewati hadangan atau pressing lawan belum tentu menyelamatkan bola, tetapi mengumpankannya kepada teman sudah pasti menyelamatkan bola. Jangan gambling dan jangan berspekulasi! Cari aman! Ketiga: lakukan dribbling untuk menarik lawan ke arah Anda dan pada saat yang sama menciptakan ruang yang bagus untuk teman Anda. Keempat: untuk striker: 1) jika satu-satunya peluang passing berarti offside maka giring saja bolanya. 2) jika dribbling lebih prospektif untuk mencetak gol daripada mengumpankan bolanya, it doesn’t matter to dribble and then score!
Pemain belakang jangan banyak giring. Adalah berbahaya jika pemain belakang bermain-main dengan bola di daerah pertahanannya.
Alirkan terus bolanya! Meski tim Anda tidak sedang di-press, tim Anda harus terus mengalirkan bola dari kaki ke kaki, dalam rangka: 1.mencari-cari celah yang bisa dimasuki untuk melakukan penyerangan. 2.menghargai setiap detik yang berjalan dalam waktu 2 x 45 menit.
Pergerakan tanpa bola (running). 1.Para pemain harus terus bergerak agar selalu ada yang siap untuk diberi umpan dalam jarak passing (Ini namanya support). Ciptakan selalu formasi segitiga passing ketika tim Anda menguasai bola. Lakukan terus hal itu sepanjang pertandingan. (Tentang jarak passing: jangan terlalu dekat jika tidak ada lawan yang berusaha memotong, dan jangan pula terlalu jauh karena umpan akan bisa dipotong lawan). 2.Lakukan pergerakan untuk menciptakan ruang bagi teman Anda.

beberapa-catatan-seputar-umpan-mengumpan
Perbandingan antara umpan bawah dan umpan lambung. Karakteristik umpan bawah: 1.biasanya dilakukan dengan foot inside (kaki bagian dalam), 2.akurasi lebih tinggi, 3.untuk umpan jauh, waktu tempuh lebih lama, akibat gesekan bola dengan rumput, 4.lebih mudah diterima (dikontrol), 5.bisa dipotong lawan, 6.bisa untuk umpan jauh, tetapi tidak bisa untuk umpan yang sangat jauh. Adapun karakteristik umpan lambung: 1.dilakukan dengan foot instep (punggung kaki bagian dalam), 2.akurasi lebih rendah, bola sering fifty-fifty, 3.untuk umpan jauh, waktu tempuh lebih cepat, 4.lebih sulit diterima (dikontrol), 5.tidak bisa dipotong lawan, 6.cocok untuk umpan yang sangat jauh.
Bagaimana mengumpan? Mengumpan tidak harus diarahkan persis ke kaki teman kita. Dalam mengumpan, bola juga bisa diarahkan ke ruang kosong di sekitar teman kita. Contohnya, jika teman kita sedang berlari, arahkan bola didepannya, sehingga semuanya berjalan lebih cepat.
Mengumpan balik dan mengumpan ke belakang: seringkali sangat mujarab! Lakukan umpan balik kepada pengumpan jika Anda di-press hebat sementara tidak ada teman lain yang lebih prospektif untuk Anda umpani. Tentu saja si pengumpan juga harus memungkinkan untuk Anda beri umpan balik (tidak sedang di-press). Jika tidak ada satupun yang bisa Anda beri umpan, termasuk mengumpan balik kepada pengumpan, maka Andalah yang harus berjuang keras untuk menyelamatkan bola.
Mengumpan ke belakang dilakukan jika densitas pemain lawan di daerah mereka sangat rapat sehingga tidak ada celah untuk menusuk ke depan. Dengan mengumpan ke belakang, beberapa dari pemain lawan akan terpancing meninggalkan daerah mereka sehingga terbukalah celah bagi kita untuk masuk ke depan.
Beberapa cara menerima bola : 1.menghentikan bola, 2.memantulkan ke ruang kosong, 3.langsung diumpankan kepada teman, 4.biarkan lewat dan kejar, 5.biarkan lewat untuk teman.
Umpan dari kiper: 1.Tendangan langsung ke depan. Langsung kearah pertahanan lawan, hanya saja tidak menjamin penguasaan bola. Pada menit-menit terakhir, tim yang tertinggal hampir selalu memakai umpan kiper jenis ini. 2.memberikan bola kepada pemain belakang. Lebih menjamin penguasaan bola. Dilakukan kearah samping kiri atau kanan lapangan. Dilakukan jika ada pemain belakang yang kosong.

pelanggaran-dan-tendangan-bebas

Ada dua macam tendangan bebas : tendangan bebas langsung (direct free kick) dan tendangan bebas tidak langsung (indirect free kick). Tendangan bebas langsung adalah tendangan bebas yang bisa langsung menjadi gol meskipun belum menyentuh pemain yang lain. Sedangkan tendangan bebas tidak langsung hanya bisa menjadi gol jika terlebih dulu menyentuh pemain lain (termasuk kiper). Jika tendangan bebas langsung dilesakkan kedalam gawang lawan sebelum menyentuh pemain yang lain maka tim lawan mendapatkan tendangan gawang. Untuk menunjukkan bahwa tendangan bebas adalah tidak langsung, wasit harus mengangkat salah satu tangannya sampai bola ditendang.
Tendangan bebas langsung diberikan karena pelanggaran-pelanggaran berikut ini : 1.menendang atau berusaha menendang lawan, 2.mengganjal atau berusaha mengganjal lawan, 3.menabrak lawan, 4.memukul atau berusaha memukul lawan, 5.mendorong lawan, 6.melompat kepada lawan, 7.menarik anggota tubuh atau pakaian lawan, 8.membuat kontak dengan lawan sebelum menyentuh bola saat melakukan tackling, 9.meludahi lawan, 10.hand-ball. Perlu diketahui, wasit bisa memutuskan tendangan penalti jika pelanggaran-pelanggaran tersebut dilakukan didalam kotak penalti.
Tendangan bebas tidak langsung diberikan karena pelanggaran-pelanggaran berikut ini :
Pertama, yang berlaku untuk semua pemain : 1.cara bermain yang berbahaya – yakni membahayakan diri sendiri ataupun lawan - (seperti : menendang terlalu tinggi didekat lawan, menyundul bola yang terlalu rendah yang akan ditendang oleh lawan, dsb), 2.menghalangi pergerakan lawan dengan badan, sementara ia jauh dari bola (lebih dari 3 feet), 3.menghalangi kiper mengambil bola, 4.ketika kartu kuning atau kartu merah diberikan, sementara wasit tidak memberikan tendangan bebas langsung.
Kedua, yang hanya berlaku untuk kiper : 1.memegang bola lebih dari enam detik, 2.memegang bola yang diumpan balik dengan kaki oleh teman sendiri (namun jika bola tersebut diumpan balik oleh teman tidak dengan kaki, boleh dipegang oleh kiper), 3.memegang bola yang dilempar kedalam oleh teman sendiri, 4.secara sengaja mengambil kembali bola yang telah dilepas.
Tentang hand-ball, perlu diketahui bahwa bukanlah hand ball jika seorang pemain menyentuh bola karena : 1.secara refleks berusaha melindungi dirinya dari cedera, atau 2.bukan dia yang menyentuh bola tetapi bola yang mengarah kepada dirinya sementara lengannya dalam keadaan pasif.

tips-singkat-tendangan-pojok
Tendangan pojok (corner kick, kadang juga disebut sepak pojok) merupakan salah satu jenis set piece (bola mati) dalam permainan sepakbola. Bisa dibilang tiga puluh persen gol tercipta dari tendangan pojok. Jika demikian, kita harus menaruh perhatian yang besar terhadap tendangan pojok, baik sebagai tim yang mendapatkan tendangan pojok ataupun sebagai tim yang bertahan dari tendangan pojok.
1.Tendangan pojok biasanya diterima dengan sundulan keras ke gawang lawan (attacking header). Bertahan dari tendangan pojok biasanya juga dilakukan dengan sundulan jauh ke arah depan samping menjauhi gawang (defensive header).
2.Tendangan pojok biasa dilakukan dengan bola lambung ke depan gawang. Jangan terlalu tinggi karena kiper pasti akan memenangkan bola karena ia boleh menggunakan tangannya.
3.Kadangkala, tendangan pojok bisa diarahkan ke tiang jauh gawang jika ada teman satu tim yang bersiaga disana.
4.Hendaknya ada satu atau dua orang teman yang berdiri bebas untuk mengantisipasi bola mental.
5.Bertahan dari tendangan pojok biasanya dilakukan dengan mengawal lawan satu persatu (man-to-man marking).
6.Bagi tim bertahan, hendaknya ada satu atau dua orang yang berdiri membantu kiper menjaga gawang.
7.Menghadapi tendangan pojok, kiper biasanya berdiri di bagian belakang gawang karena berlari kearah depan lebih mudah daripada berlari ke belakang.
8.Tendangan pojok juga bisa dilakukan dengan umpan pendek kepada teman satu tim, lalu biasanya dilanjutkan dengan umpan lambung langsung ke depan gawang.

teknik dasar sepak bola

Passing adalah mengumpan atau mengoper bola kepada teman. Passing yang baik dan benar sangat dibutuhkan dalam permainan sepak bola, karena….. dengan menguasai tehnik ini maka akan mempermudah teman kita untuk menerima bola. Seperti halnya menendang , passing juga bisa dilakukan dengan kaki bagian luar dan bagian dalam atau bisa dengan kepala, dada ( kalau kita memang sudah benar-benar menguasai tehnik ini ).
shotting Adalah tendangan kearah gawang. Tehnik ini kelihatannya gampang, tapi sebenarnya dibutuhkan konsentrasi dan waktu yang tepat agar shooting yang kita lakukan mengarah ke gawang atau menjadi sebuah gol. Latihan ini bisa dilakukan dengan mengharuskan penendang berlari….. mengejar bola sebelum melakukan shooting. Sebagai contoh : pemain A dan B berhadap-hadapan, pemain A mengumpan bola kepada pemain B, setelah mengumpan pemain A berlari 90 derajat kearah belakang pemain B, setelah pemain A berlari….. pemain B segera berputar 90 derajat dan memberi umpan pada pemain A untuk kemudian di shooting oleh pemain A. Umpan yang diberkan pemain B harus pada waktu yang tepat agar pemain A dapat melakukan shooting dengan sempurna. Jika sudah semakin bagus, peran pemain A bisa digantikan pemain B. Dengan cara ini berati kita sudah melakukan 2 latihan tehnik sekaligus, yaitu tehnik passing (oleh pemain B) dan tehnik shooting (oleh pemain A).
Dribel atau menggiring bola adalah menguasai bola dengan berlari dan tetap menjaga posisi bola agar tetap berada dekat dan dalam penguasaan kita. Teknik drible ini biasanya digunakan untuk….. melewati/mengecoh lawan. Kita bisa melakukan latihan drible dengan cara yang bervariasi, contoh : buatlah 4 sampai 5 penghalang berjarak sama, kemudian mulailah mendrible bola (menggiring)melewati penghalang tersebut dengan gerakan zig-zag. Usahakan bola jangan sampai menyentuh penghalang. Pada awal latihan, penghalang bisa dibuat dengan jarak yang agak lebar. Jika sudah merasa lancar jarak penghalang bisa dipersempit.
Kontrol adalah menghentikan bola yang sedang bergerak agar berada dalam penguasaan kita. Salah satu faktor lancar dan tidaknya permainan sepak bola juga ditentukan oleh tehnik ini. Karena jika kita tidak menguasai teknik ini, bola akan….. mudah lepas dari penguasaan kita dan itu berarti akan mempermudah lawan untuk merebut bola dari penguasaan kita. Kontrol bisa dilakukan dengan kaki, dada dan paha. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melatih teknik ini adalah dengan cara membatasi pengontrol bola dengan lingkaran. Diameter lingkaran kira-kira 1 meter. Batas lingkaran bisa menggunakan bendera kecil atau benda lainnya. Kemudian, buat pemain berpasang-pasangan untuk melatih kontrol bola. Sebagai contoh pasangan pemain A dan B, serta pemain C dan D. Pemain A dan C bertugas melemparkan bola kepada pemain yang berada dalam lingkaran ( B dan D ). Pemain yang berada dalam lingkaran harus mengontrol bola dengan sebaik-baiknya dan bola tidak boleh keluar dari lingkaran. Usahakan kontrol dilakukan secara variatif dan harus sempurna. Pengontrol bisa menggunakan dada, paha atau kaki untuk mengontrol bola. Bagi pemain yang bertugas melempar bola juga harus variatif dalam melempar bola kearah yang berbeda-beda. Jika bola keluar dari lingkaran, maka harus berganti peran dengan pelempar. Latihan ini tampaknya sederhana, tapi akan sangat bermanfaat. Jika sudah semakin bagus, lemparan bola bisa dipercepat. Karena, dalam permainan sebenarnya, datangnya bola terkadang lambat, sering pula sangat cepat

53 komentar:

  1. PROMO NEW MEMBER 20%

    Kantor Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg sediakan jasa layanan terhadap awal akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di perwakilan judi online yg bertingkat International, legal dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Yang Merupakan Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemimpin Isle of Man kepada beroperasi sebagai juru taruhan olahraga sedunia.

    https://agenzeus.net/tips-strategi-cara-bermain-permainan-poker-remi-online/
    https://agenzeus.net/tips-dan-trik-cara-bermain-permainan-gong-ball-live/
    https://agenzeus.net/panduan-cara-bermain-permainan-casino-fantan-di-oriental/

    Ayo daftar sekarang di AgenZeus.net

    BalasHapus
  2. PROMO MEMBER BARU 15%

    DewaZeus merupakan partner dari situs ZeusBola, yg merupakan mater master bandar taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di DewaZeus.

    Sebagai Agen Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man pada beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.

    https://dewazeus.pw/tag/ayam-pilipin/
    https://dewazeus.pw/deposit-via-pulsa/

    Ayo join sekarang di dewazeus.pw

    BalasHapus
  3. BONUS 10% SETIAP HARI

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yang menyediakan jasa layanan bagi permulaan akun permainan judi atau taruhan online bagi anda di perizinan judi online yg berperingkat International, berlaku dan terpercaya hanya di ZeusBola.

    Sebagai Perwakilan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan maskapai Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penaklukan Isle of Man kepada beroperasi sebagai juru taruhan latihan jasmani di dunia.

    main judi deposit pakai pulsa

    Ayo daftar sekarang hanya di Zeusbola.biz

    BalasHapus
  4. Ingin Bermian Judi Online Namun Saldo Atm Kosong ?
    Tenang di Zeusbola Kamu Bisa Melakukan Deposit Dengan Pulsa
    Bukan Hanya Dengan Pulsa Saja, Anda Juga Dapat Deposit Menggunakan OVO
    Sangat Membantu Anda Bukan?
    Ayo Segera Daftarkan Diri Anda Dan Jangan Lupa Ajak Teman Anda !!
    Kami Tunggu Kedatangannya yaaa
    Zeusbola Juga Siap Melayani Anda 24 JAM NONSTOP !!

    Hubungi Kami :
    Whats up : 081333552228

    DAFTAR JUDI ONLINE TERPERCAYA

    ZEUSBOLA

    http://bolazeus.com/

    BalasHapus
  5. BISA DEPOSIT via GoPay

    CemePoker ialah delegasi Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang sediakan bermacam macam banyak game bersama 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai kantor cabang judi poker dgn rating win tertinggi.
    poker online menjamin 100% keamanan semua membernya masih pemain Poker saya dijamin 100% Player VS Player.
    jangan sampai lengah nantikan imbalan merengkuh setiap bulannya dan upah referal segenerasi pandangan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo join hari ini hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus
  6. bosen kalah kalah aja..?? silahkan coba registrasi di bolavita sabung ayam-pukul mati
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa jadi jutawan
    buktikan sendiri no Hoax... ^^

    info lbh lanjut:

    WA: +628122222995

    BalasHapus
  7. Bandar Sabung Ayam Online Terpercaya 2019

    Agen Judi Terpercaya Yang Bisa Melakukan Top Up Melalui Via All Bank Lokal Indonesia !!!

    Support Transaksi Bandar Judi Deposit Via OVO, Bandar Judi DEPOSIT VIA PULSA, Bandar Judi Deposit Via Gopay !!

    Zeusbola Selalu Memberikan Fasilitas Mewah & Mantap Untuk Para Penggemar Taruhan Online.

    Hanya Dengan Deposit Pulsa, Gopay & OVO Sudah Bisa Bermain Dan Meraih Keuntungan Yang Besar Jutaan Rupiah Hingga Sepeda Motor !!

    Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

    Whatsapp Zeusbola

    Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

    Bandar Judi Online Deposit Via OVO


    Bandar Judi Online Deposit Via Pulsa


    Bandar Judi Online Deposit Via Go Pay


    Kujungi Juga :

    https://medium.com/@shellynnita88/

    BalasHapus
  8. SITUS TARUHAN JUDI ONLINE TERLENGKAP & TERPERCAYA DI INDONESIA

    SITUS ZEUSBOLA MENYEDIAKAN PERMAINAN TERLENGKAP

    SPORTBOOK | LIVE CASINO | SABUNG AYAM S128 & SV388 | SLOTS GAMES | TEMBAK IKAN | POKER ONLINE

    Support Transaksi

    DEPOSIT ALL BANK LOKAL INDONESIA | DEPOSIT VIA PULSA | DEPOSIT VIA OVO | DEPOSIT VIA DANA | DEPOSIT VIA PAYPRO | DEPOSIT VIA GOPAY | DEPOSIT VIA LINKAJA

    Join Now, Bersama Situs Zeus Bola Berlisensi Resmi.

    Live Chat : zeusbola
    Whatsapp Zeusbola : +62 813-3355-5996


    Link Alternatif ZEUSBOLA :
    http://104.248.148.252/
    Zeus Bola

    Daftar Judi Online Deposit Via LinkAja Tcash
    http://134.209.98.69/daftar-judi-online-deposit-via-linkaja-tcash/
    Sabung Ayam Deposit LinkAja – S128 LinkAja


    Poker Pulsa
    Judi Poker Pulsa
    Slot Pulsa
    Judi Slot Pulsa

    Kujungi Juga :


    https://medium.com/@marketingzeusbola/daftar-s128-via-whatsapp-zeusbola-93a6c3a7ccd1

    BalasHapus
  9. PokerAyam adalah Sebuah Situs Permainan Poker Online Uang Asli Dimana Anda akan diberikan fasilitas menikmati 7 game dalam 1 akun. Semua permainan yang tersedia menggunakan uang asli yang bisa dilipat menjadi berlipat ganda. Proggressive jackpot hingga ratusan juta rupiah setiap harinya.

    Poker Deposit Pulsa 2019 | IDN Poker Deposit Pulsa | Deposit Via Pulsa | QQ Deposit Pulsa

    Untuk Minimal Deposit :: Rp 10.000,-
    Untuk Minimal Withdraw :: Rp 25.000,-

    Bonus menarik untuk member setianya :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan
    Situs Judi Poker Online Pulsa

    Hubungi Kami
    http://165.22.51.220
    Livechat : PokerAyam
    WA : 081222221680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  10. CemePoker - Bandar QiuQiu Online Deposit Pulsa
    Dengan Rate Tukar Pulsa Tertinggi
    Bisa Deposit via OVO Juga
    Dapatkan Bonus New Member Langsung
    Pendaftaran : http://cemepoker.info

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 081333552227

    DEPOSIT POKER ONLINE VIA OVO PAY

    BalasHapus
  11. Lagi cari agent S128 & SV388 terpecaya???

    Klik >>>>>>> Agent S128 & Sv388

    Belum punya Akun sabung ayam???
    Klik >>>>>>> Daftar Sabung Ayam

    Hubungi Segera:
    WA: 087785425244

    BalasHapus
  12. Belum Pernah Menang Di Agen Poker Manapun?? Jangan Kecewa..Yuk cobain Donaco Poker...
    Permainan Boleh Sama..Hokinya Beda Boss...

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  13. Situs S128 Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia Hingga Saat Ini


    Bosan Kalah Melulu ?? Gabung Sekarang Di ZEUSBOLA

    ZEUSBOLA MENYEDIAKAN PERMAINAN TERLENGKAP

    SPORTBOOK | LIVE CASINO | SABUNG AYAM | SLOTS GAMES | TEMBAK IKAN | POKER ONLINE

    Dapatkan Fasilitas Dengan Berbagai Jenis Transaksi Terlengkap Di Zeusbola.cc Seperti :

    Judi Poker Online Deposit All Bank Lokal Indonesia
    Judi Poker Online Deposit Via Pulsa
    Judi Poker Online Deposit Via OVO
    Judi Poker Online Deposit Via GOPAY
    Judi Poker Online Deposit Via LINKAJA
    Judi Poker Online Deposit Via Tcash
    Judi Poker Online Deposit Via DANA
    Judi Poker Online Deposit Pulsa
    IDNPoker Online Deposit Pulsa


    Untuk Deposit Juga Bisa Melalui Indomaret, Alfamart, Mkios Ataupun Lainnya ya pak ^^

    Jika Penasaran Segera Langsung Kunjungi Zeusbola.cc & Kami Siap Membantu Anda Dalam Proses Pendaftaran hingga Deposit Menggunakan berbagai Jenis Transaksi yang tersedia Di http://zeusbola.cc/.

    Daftar Judi Kartu Idn Poker Online Terpercaya Di Indonesia
    Link Alternatif Daftar Poker :
    Ihttp://bit.ly/DaftarZeusbola

    Contact Person us :
    Live Chat Zeus Bola : http://bit.ly/LivechatZeusbola
    Whatsapp : http://wa.me/081333555996
    Telegram : http://t.me/081333555996


    #JudiPokerOnlineDepositViaPulsa #JudiPokerOnlineDepositViaOvo #JudiPokerOnlineDepositViaGopay #JudiPokerOnlineDepositViaLinkaja #situsjudionline #judidepositpulsa #judipulsa #situsjudipulsa #Judipakaipulsa
    #JudiPokerOnlineDepositViaTcash #JudiPokerOnlineDepositViaDana

    BalasHapus
  14. Poker Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia Menyendia berbagai macam permainan judi kartu terbaik di Asia dengan menggunakan uang asli. 1 ID untuk 8 Game Permainan yang disediakan oleh Situs Bandar PokerV

    Texas Poker
    Judi Poker
    Sakong Online
    Bandar Poker
    Judi Poker
    Bandar66 Online

    Nikmati Promo Bonus Terbesar Dari Agen Poker
    -> Bonus Cashback 0.5% (Dibagikan Setiap Minggu)
    -> Bonus Refferal 20%
    -> Customer Service 24 Jam Nonstop
    -> Support Deposit Pulsa, OVO & GoJek
    -> Minimal Deposit 10.000
    -> Minimal Withdraw 25.000

    Kontak Pokervita
    http://167.71.214.170/
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  15. Mau Freechip dari kami???
    Yukz bergabung segera bersama kami di Winning303 dapatkan Bonus Freechip spesial edisi menyambut Natal & tahun baru 2020

    Info hub
    WA : 087785425244

    BalasHapus
  16. Saya Ingin Merekomendasikan Situs

    Agen Poker Online Sekarang bisa

    deposit Via OVO, LINK AJA, DOKU,

    PAYPRO, GOJEK, T-CASH, DANA & GOPAY.

    (TSEL - XL)

    Tunggu Apalagi Ayo Bergabung bersama

    kami Hokibos.net

    Dan hokibos Mempunyai Kejutan Buat

    Member Baru Ya..

    AYO KEPOIN KAMI...!!!

    Untuk keterangan lebih lanjut

    silahkan hubungi contact dibawah ini

    !!
    - LIVECHAT: www.Hokibos. net
    - WA : (+85599403321)
    - LINE : hokibos01

    https://imgur.com/ZeDAajL
    https://kontakk.com/@meiling90

    BalasHapus
  17. Poker Ayam Juga Selalu Memberikan Informasi Freebet, Freechip, Koin Gratis Permainan Games Poker Uang Asli, Texas Holdem, Bandar Ceme Keliling, Capsa Susun, Domino QQ, Kiu-Kiu, Kyu-Kyu Online, Games Khusus Samgong Online, Blackjack 21, dan Live Poker Online Serta Casino Wars Terpercaya di Indonesia.

    Bonus Freechip Pokerayam :
    > Bonus New Member 10%
    > Bonus Deposit Harian 5%
    > Bonus Rake Back Mingguan

    * https://pokerayam.club/situs-judi-online-yang-harus-diwaspadai-saat-ini/
    * Kontak PokerAyam
    * Link Alternatif Pokerayam

    HUBUNGI KAMI:
    http://165.22.51.220/
    WA : 0812-2222-1680
    LINE : POKERAYAM

    BalasHapus
  18. ZEUSBOLA merupakan situs Judi online terbaik dan terpercaya yang pernah ada di Indonesia hanya dengan deposit 25.000 kalian sudah bisa bermain semua games seperti :

    *SPORTSBOOK
    *LIVE CASINO
    *IDN LIVE
    *IDN POKER
    *SLOT GAMES
    *TEMBAK IKAN
    *JOKER123
    *SABUNG AYAM
    *TOGEL ONLINE

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar di link ini
    atau hubungi kontaknya di https://linktr.ee/zeusbola.official ( KLIK DISINI )

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online ZEUSBOLA terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank DANAMON

    Bank MANDIRI


    Promo Bonus yang berlangsung pada Judi Online ZEUSBOLA :
    Bonus New Member 15%
    Bonus New Member 10% ( Sabung Ayam )
    Bonus Cashback/Kekalahan Sportsbook Up To 15%
    Bonus Rollingan Up To 0.6%
    Bonus Harian 10%
    Bonus Reward Setiap Naik Level

    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari ZEUSBOLA yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan (NOBOT).

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di ZEUSBOLA.
    Alamat Situs Resmi :http://zeusbola.site/

    Alamat Situs Alternatif :
    http://zeusbola.club/
    http://zeusbola.site/
    http://zeusbola.best/

    Kontak ZEUSBOLA :
    Whatsap : +62 813 3355 5996
    LINE : ZEUSBOLA
    TELEGRAM: t.me/zeusbola

    Daftar Judi Casino online Silahkan Klik Di Bawah Ini Ya Boss..

    Situs Taruhan Live Casino Resmi

    BalasHapus
  19. Transaksi mudah, cepat, aman dan terpercaya selama 24 jam hanya di Pokervita. Menyediakan berbagai layanan deposit seperti via pulsa, E-money, dan semua bank lokal Indonesia.

    Promo bonus besar-besaran Pokervita
    * Promo Harian
    * Promo Mingguan
    * Promo Bulanan

    9 Games Dalam 1 Akun
    * ADU Q
    * BANDAR POKER
    * BANDAR Q
    * CAPSA SUSUN
    * DOMINO 99
    * POKER ONLINE
    * SAKONG
    * BANDAR 66
    * PERANG BACCARAT (NEW)

    Texas Holdem Poker
    Judi Poker Online
    Bandar Sakong Online

    Judi Poker Deposit Pulsa
    Situs Poker Deposit Pulsa Terpercaya
    Daftar Judi Poker Deposit Pulsa

    Kontak Pokervita
    Livechat Pokervita
    WA: 08122222996
    Wechat: pokervitaofficial
    Line: vitapoker

    BalasHapus
  20. Hanya dengan 1 user ID anda sudah bisa bermain7 permainan game poker yang seru
    Mari bergabung bersama kami di Donaco poker

    Dapatkan Juga
    - Bonus Deposit 15% New Member Weekend.
    - Bonus Deposit 10% Next Deposit Weekend.
    - BONUS DEPOSIT HARIAN 5%
    - BONUS ROLLINGAN MINGGUAN 0.5%
    - BONUS KEJUTAN LAINNYA

    Hubungi Kami Secepatnya Di :
    WHATSAPP : +6281333555662

    BalasHapus
  21. Taruhan Sabung ayam terbesar dengan server terbesar S128 dan Club388
    Nikmati taruhan terbaik secara live dan pasang taruhan anda bersama MuseumAyam
    MUSEUMAYAM - AGEN SABUNG AYAM S128, SV388, SLOT ONLINE, CASINO ONLINE DAN POKER ONLINE

    ==> SABUNG AYAM [ S128 - SV388 ]
    ==> SPORTSBOOK [ SBOBET - MAXBET ]
    ==> KASINO [ SEXY - SBOBET - GD88 - CBO855 - WM ]
    ==> SLOT [ PRAGMATIC - SPADEGAMING - HABANERO - JDB SLOT - JOKER123 ]
    ==> POKER [ POKER - DOMINO QQ - CEME ]
    ==> TOGEL [ SGP - HONGKONG - SYDNEY - MACAU ]
    ==> BOLA TANGKAS [ TANGKASNET - 88TANGKAS ]
    ==> TEMBAK IKAN [ JOKER123 ]

    Menyediakan berbagai layahnan deposit terlengkap
    * Semua Bank Lokal Indonesia
    * Pulsa Tanpa Potongan
    * OVO
    * Gopay
    * Dana
    * Linkaja

    PROMO TARUHAN SABUNG AYAM TERBARU !
    * BONUS 10% KHUSUS MEMBER BARU SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS WIN BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 7x LOSE BERUNTUN SABUNG AYAM ONLINE ( S128, SV388 )
    * BONUS 5% DEPOSIT SETIAP HARI SABUNG AYAM ONLINE
    * BONUS CASHBACK SABUNG AYAM ONLINE UP TO 10%
    * BONUS REFERAL PERMAINAN SABUNG AYAM ONLINE 5%
    NB : Peraturan Dan Syarat Bonus Dapat Berubah Sewaktu-Waktu Tanpa Pemberitahuan Terlebih Dahulu. Mohon Selalu Untuk Melihat Halaman Promo Kami.

    Contact Resmi MuseumAyam --> https://linktr.ee/museumgame
    WA : +6282267932581
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    BalasHapus
  22. AGENS128 Adalah Situs Judi Online Taruhan Sepak Bola, Casino, Sabung Ayam, Tangkas, Togel & Poker Terpopuler di Indonesia
    Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    sbobet online
    casino online
    tembak ikan
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  23. DEPOSIT BISA VIA PULSA!

    Cabang Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yang sediakan jasa pelayanan terhadap awal akun permainan judi atau taruhan online kepada kamu di peserta judi online yang bertingkat International, resmi dan terpercaya hanya di poker deposit pulsa.

    Sebagai Duta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang penguasa Isle of Man untuk beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani sedunia.


    https://bolazeus.pw/2018/12/28/situs-agen-taruhan-sabung-ayam-s128-deposit-pulsa-termurah/
    https://bolazeus.pw/2018/12/27/link-alternatif-s128-deposit-pulsa-sabung-ayam-online/
    https://bolazeus.pw/2018/12/26/panduan-judi-deposit-pulsa-telkomsel-teraman/
    https://bolazeus.pw/2018/12/26/cara-memilih-agen-poker-deposit-via-pulsa/

    promo s128 adu ayam

    Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
    link zeusbola
    login zeusbola

    Ayo daftar sekarang di Zeusbola

    BalasHapus
  24. Pasang Taruhan Online Melalui Agen Judi Terpercaya Indonesia Agens128, Proses Cepat, Banyak Bonus, Online 24 Jam dan Pasti Bayar!
    Sabung ayam
    daftar bisa langsung ke:
    LINE : agens1288
    WhatsApp : 085222555128

    BalasHapus
  25. ZeusBola - Sabung Ayam Online S128 dan SV388 Live Taji
    Menerima Deposit via Pulsa dan E-money
    (OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS)
    Dapatkan Bonus 7x Win Beruntun
    Bonus Hingga 5 Juta Rupiah
    Pendaftaran : http://zeusbola.vip

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Jadwal S128 Sabung Ayam Online 22 Juli 2020

    BalasHapus
  26. Situs Agen Togel Terpercaya Bisa Depo Pulsa Di MUSEUMTOTO – Bermain judi Togel di Situs Agen Togel terpercaya sangat penting bagi Anda. Karena apa? Anda bisa meniti kesuksesan tak terbatas jika memaksimalkan kemampuan di permainan nanti.

    Casino Online :

    Bacarrat,Monopoly,Billiards,Suwit,GongBall,24D,12D,Roulette,SicboDice,Oglog,Dice 6,Head tail,Red White,24Spin dan Poker Dice.
    Minimal Deposit Hanya Rp.10.000 Bisa main semua Game dengan minimal Bett 500.

    Agen Togel Via Pulsa
    Agen Togel Terpercaya
    Situs Togel Pulsa
    Agen Togel Hongkong
    Agen Togel Singapura
    Agen Togel Sidney
    Agen Toto Macau
    useumtoto IDNLive

    Caranya mainnya juga gampang, langsung daftar link di bawah ini :

    Museum Bola
    Museum Poker
    Museum Ayam
    Museum Toto

    Untuk Layanan Support Bank yang dapat dipergunakan pada Judi Online MUSEUMTOTO terdapat beberapa jenis Bank Lokal seperti :

    Bank BCA

    Bank BNI

    Bank BRI

    Bank JENIUS / BTPN

    Bank MANDIRI


    PROMO

    • Bonus New Member 20%
    • Bonus Next Deposit 5%
    • Bonus Cashback Casino Up To 10%
    • Extra Bonus Prize 2 & Prize 3
    • Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL

    Diskon dan Hadiah

    • 2D Discon 29% ( Pembayaran x 70 )
    • 3D Discon 58% ( Pembayaran x 400 )
    • 4D Discon 66% ( Pembayaran x 3000 )
    • Minimal Deposit : 10.000
    • Minimal Withdraw :50.000
    • Minimal Betting : 500


    EXTRA BONUS
    HADIAH PRIZE II:
    • 4D : 200.000
    • 3D : 60.000
    • 2D : 10.000

    HADIAH PRIZE III:
    • 4D : 100.000
    • 3D : 40.000
    • 2D : 5.000


    Serta terdapat berbagai jenis kelebihan dari MUSEUMTOTO yang bisa anda dapatkan yaitu :

    Bisa Deposit dengan VIA PULSA / OVO / GOPAY / LINKAJA / DANA.

    Diskon dan Hadiah Paling Besar.

    Deposit & Withdraw tidak sulit dan sangat cepat.

    Proteksi Keamanan user ID member terbaik.

    Proteksi keamanan pada menu Lupa Password yang aman serta tidak menyulitkan.

    Layanan Website 24jam setiap hari.

    Tanpa adanya rekasaya apapun dalam permainan.

    Bonus Paling mudah didapatkan dan paling besar.


    Segera Daftarkan diri anda dan bermain bersama kami di MUSEUMTOTO.
    Alamat Situs Resmi :LINK RESMI MUSEUMTOTO ( KLIK DISINI )

    WA : +6283157394921

    CHAT SEKARANG KLIK DISINI

    Alamat Situs Alternatif :

    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 1 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 2 ( KLIK DISINI )
    LINK ALTERNATIF MUSEUMTOTO 3 ( KLIK DISINI )

    BO TOGEL DEPOSIT PULSA TERMURAH HANYA DI MUSEUMTOTO

    SITUS AGEN TOGEL TERPERCAYA BISA DEPO PULSA DI MUSEUMTOTO

    BalasHapus
  27. Agen Judi Slot Terpercaya Dan Terbaik
    * Deposit Pulsa Minimal 25 RIbu
    * Rate XL ( 0.93 )
    * Rate Telkomsel ( 0.83 )
    * Deposit pulsa 25.000 Bisa Claim promo tanpa potongan ( Tidak di kenakan Rate )
    * Bonus kemerdekaan dari tanggal 14 - 17 Agustus
    * Bonus Level Reward, Bronze, Silver, Gold , Diamond, Platinum, VIP
    * Bonus New Member 20% Semua Permainan | 50% Slot
    * Bonus Harian 5%
    * Bonus Rollingan Mingguan
    * Bonus Cashback Mingguan
    * Referal 5% Seumur Hidup
    * BONUS KEMERDEKAAN 17 AGUSTUS
    DEPOSIT BANK LOCAL :
    BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

    DEPOSIT E-CASH :
    OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

    DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
    -> TELKOMSEL
    -> XL / AXIS

    Demo SLOT
    Slot Aztec Gem
    Slot Caisen Cash

    Situs Judi Slot Pulsa
    Slot Pulsa
    Slot Pulsa Tanpa Potongan
    Judi Slot
    Slot Online Deposit Pulsa
    Museumtoto
    agen togel pulsa
    Bandar togel pulsa
    Judi Slot Dana
    Link Alternatif Museumbola
    slot deposit via dana

    BalasHapus
  28. SITUS SLOT ONLINE INDONESIA | LIVE CASINO | SABUNG AYAM TERPERCAYA 2021

    Situs Slot Online Indonesia
    Live Casino
    Sabung Ayam Terpercaya 2021

    Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
    Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

    Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
    DAFTAR SLOT ONLINE

    Minimal Deposit Rp.10.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000.-

    KONTAK :
    WhastApp: 0819-1005-3031

    BalasHapus
  29. Kami hadir untuk kalian semua yang ingin bermain game online 1 USER ID bisa bermain di banyak game yang kami sediakan dan juga sangat mudah di akses, dan tidak perlu untuk memindahkan coin jika mau bermain di game lainnya

    WA : 081377055002

    BalasHapus
  30. Winning303

    PENAWARAN PROMOSI:
    Promo Deposit Pulsa Tanpa Potongan Via TELKOMSEL / XL / AXIS

    Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
    Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
    Hanya di Winning303...

    Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
    1. Sportsbook / SBOBET
    2. Live Casino / Baccarat live sexy
    3. Slot Online / Slot JOKER
    4. Sabung Ayam S128 / sv388
    5. Poker IG / Poker IDN POKER

    Klik ====>demo jokerslot

    • Bonus new member 20%
    • Bonus Next Deposit 10%
    • Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
    • Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
    • Bonus Cashback 5-10 %
    • Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

    Ayo Langsung bergabung dengan kami...
    Customer Service 24 Jam
    Hubungi Kami di :
    Website : Winning303,me (ganti koma jadi titik)
    WA:+6287785425244

    BalasHapus
  31. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    BalasHapus
  32. SITUS JUDI ONLINE TERPOPULER 2021
    👑 www,MBO128,club 👑
    Menyediakan 20 vendor SLOT GAME, 4 vendor BOLA , 11 vendor LIVE CASINO, IDN POKER, TEMBAK IKAN, TOGEL , SABUNG AYAM dan TANGKAS.
    Dengan minimal deposit 10.000 saja ♥
    Kami melayani deposit melalui SEMUA BANK , GOPAY , OVO, DANA , JENIUS, PULSA dan LINKAJA.
    Mari bergabung bersama kami dan nikmati kelebihan mbo128 , seperti :EVENT FREE SPINE SEMUA PROFIDERBONUS TANPA BATAS SETIAP MINGGU!!LAYANAN CS ONLINE 24JAM ( proses depo&wd lancar)
    Untuk mendaftar bisa langsung menghubungi kami di ,
    WhatsApp 085222555128
    LINE ID : agens1288
    TELEGRAM : AgenS128 /  085222555128

    BalasHapus
  33. BONUS SETIAP HARI DARI DONACO POKER 2021

    Donacopoker adalah agen poker online Indonesia resmi yang melayani para pemain dari seluruh Indonesia untuk mendaftarkan diri dan bermain game kartu online yang unik. Untuk memberikan kenyamanan bagi pemain setia, Donacopoker hadir dan berikan bonus-bonus terbaik setiap harinya untuk semua game yang tersedia di Poker Online.

    Keuntungan Jika bermain di website
    - Proses Deposit dan withdraw maksimal 3 menit
    - 100% No admin dan No robot
    - Player vs Player
    - Fair Play

    Jalur Cepat:
    WHATSAPP : +6281333555662
    LINE : Donaco.poker
    CHAT SEKARANG

    Salam Kemenangan Untuk Anda.
    Terima Kasih.

    #DONACOPOKER #POKERIDN #POKERONLINE #BANDARCEME #CEME #DOMINO #SUPERTEN #CAPSA #OMAHA #BONUSPOKER #POKERTERPECAYA #DEPOSITPULSA

    BalasHapus
  34. 3 Genie Wishes meningkatkan pengalaman bermain Anda dengan 5 gulungan dan 50 paylines yang mengejutkan. Sebelum Anda mulai membuat keinginan Anda, yang harus Anda lakukan adalah mengatur taruhan Anda dalam kisaran £0,01 hingga £0,50. Review Slot 3 Genie Wishes Dari Pragmatic Play

    BalasHapus
  35. Dapatkan bonus 8x win berturut2 bos harus taruh menang sebanyak 8x berturut tanpa ada DRAW, FTD dan LOSE dan tidak boleh taruh di pertandingan yang sama lebih dari 1x

    Info Pendaftaran Segera hubungi CS kami di :
    WA : +62812-2222-995

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. ⁣Link S1288POKER Deposit Pulsa Tanpa Potongan ini memiliki promo bonus poker pulsa dengan mudah melakukan topup pulsa sudah bisa dapat bermain berbagai permainan POKER, DOMINO, CEME, CEME KELILING, CAPSA, SUPER10, BLACKJACK, SUPERBULL, QQ-SPIRIT, OMAHA Dan Memiliki permainan lain nya untuk di mainkan lho ..

    S1288Poker Pulsa Tanpa Potongan
    Menyediakkan deposit pulsa yang ada di beberapa nya
    Pulsa Telkomsel dan Pulsa XL Yang memiliki deposit tanpa potongan
    dan masih memiliki bonus mingguan dan new member nya juga lho maka beruan gabung bersama saya dan menikmati sensasi permainan S1288Poker Pulsa ..

    ⁣PULSA ( Telkomsel , XL / Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

    ⁣BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

    ⁣Daftar bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
    Bonus New Member 10%
    Bonus Harian 5%

    ⁣KONTAK
    Whatsapp: 081910053031
    Situs : Link Daftar Slot Pulsa

    BalasHapus
  39. INGAT JANGAN SALAH PILIH BANDAR TOGEL ONLINE,
    JANGAN TERPAKU PADA BONUS YANG BESAR, KELEBIHAN YANG BESAR, SAAT JACKPOT BESAR ANDA MENYESAL..!!! Mari gabung di MUSEUMTOTO yang sudah terbukti aman dan terpercaya.
    PASTI BAYAR...!!! Proses Depo & WD CEPAT,
    Terima Semua Bank + Semua Bank Online 24 jam,
    Menerima depo via SIMPATI
    WD di proses ke rekening yang terdaftar.

    Situs Togel Pulsa
    Bandar Togel Terbaik
    Agen Togel Sydney
    Judi Togel Terpercaya
    Daftar Togel Pulsa
    Museumtoto Agen Togel Cambodia

    Agen Togel Terpercaya
    Agen Togel Sydney

    Link Alternatif Museumtoto
    Link Alternatif Museumtoto

    Hubungi kami melalui
    Link: Museumtoto
    Facebook: museumtoto
    Instagram: museumtoto
    Whatsapp: 083157394921

    Kami hadir dengan pelayanan nomor 1 yang siap melayani Anda 24 Jam nonstop melalui live chat dan sosial media kami. gabung sekarang dan rasakan pengalaman bertaruh yang luar biasa bersama kami di MUSEUMTOTO!

    Situs Togel Pulsa
    Bandar Togel Terbaik
    Agen Togel Sydney
    Judi Togel Terpercaya
    Daftar Togel Pulsa
    Museumtoto Agen Togel Cambodia

    Agen Togel Terpercaya
    Agen Togel Sydney

    Link Alternatif Museumtoto
    Link Alternatif Museumtoto

    Hubungi kami melalui
    Link: Museumtoto
    Facebook: museumtoto
    Instagram: museumtoto
    Whatsapp: 083157394921

    BalasHapus
  40. Coba baca ini buat kamu yang gemar main sakong di poker online Tips Menang Sakong

    BalasHapus
  41. Dapatkan bonus 8x win berturut2 bos harus taruh menang sebanyak 8x berturut tanpa ada DRAW, FTD dan LOSE dan tidak boleh taruh di pertandingan yang sama lebih dari 1x

    Info Pendaftaran Segera hubungi CS kami di :
    WA : +62812-2222-995


    Situs Daftar Judi Online Terpercaya Di Indonesia
    Link Pendaftaran » bit.ly/daftarbvgaming


    Link Login BvGaming Terbaru » bit.ly/loginbvgaming

    BalasHapus
  42. ZEUSBOLA adalah Situs Judi Online Terlengkap dan Memiliki Ribuan Permainan
    Slot Online dan Games Online Lain nya, Hanya dengan Menggunakan 1 User ID, Anda bisa Bermain Ribuan Permainan yang Tersediah, Dengan Bonus Promosi Terbesar dan Event Hadiah Terbesar.

    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA DENGAN PERMAIANAN LENGKAP :
    ▶️TOGEL
    ▶️LIVE GAME
    ▶️LIVE CASINO
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️DINGDONG
    ▶️SPORTBOOKS
    ▶️SABUNG AYAM
    ▶️BOLA TANGKAS
    ▶️TEMBAK IKAN
    ▶️SLOT PROVIDER TERBAIK

    �� TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA ,PULSA (TSEL,XL,AXIS) TAMPA POTONGAN!

    dengan minimal deposit 25 rb
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : zeusbo.la/whatsapp

    Daftarkan diri Anda zeusbola19.com/registerv

    BalasHapus
  43. Slot Online Ovo merupakan slot online yang bisa melakukan pendaftaran menggunakan slot ovo dapat di claim bonus slot deposit ovo claim bonus slot online terbesar seindonesia

    Permainan yang sangat di minati saat ini
    GAME ON'FIRE:
    ION CASINO
    ION SLOT
    9GAMING
    BALAP PLAY
    PRAGMATIC PLAY
    SLOT88
    LIVE22
    GIOCO PLUS

    memiliki permainan slot online ovo terlengkap
    Daftar slot ovo dengan 1 user id sudah bisa bermain ke semua permainan Slot Online .

    Pendaftaran Slot Online Ovo Aman dan Terpercaya
    Slot online ovo
    Slot ovo
    Slot online deposit ovo

    KONTAK AKTIF :
    WHATSAPP : +6281321524689

    BalasHapus
  44. TOTAL HADIAH RP 195.000.000 DI PLAY STAR CHALLENGE
    INTIP DULU KE CHALLENGE DARI ZEUSBOLA

    CARI KEBERUNTUNGAN ANDA DI ZEUSBOLA!
    GA BAKALAN NYESAL MALAH TAMBAH NAGIH GAIS

    HADIAH 195 JUTA NYA JANGAN SIA SIAN YA GUYS

    Whatsapp : +62 822-7710-4607(ZEUSBOLA)

    BalasHapus
  45. PROMO PULSA TANPA POTONGAN
    ZEUSBOLA SOLUSINYA....
    [url=https://zeusbola.mypixieset.com/][Daftar Slot Gacor Hari Ini Tanpa Rekening Bank Zeusbola][/url]
    AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
    TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
    AJAK TEMANMU DAN DAPATKAN BONUS REFFERALNYA..
    MELAYANI 24JAM LOH..
    ☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
    ☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp


    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. Daftar togel online sekarang sangatlah mudah bos bisa melalui Bank , E-wallet (ovo,gopay,dana,sakuku,Link Aja) BTPN JENIUS dan Pulsa. Untuk Kalian Yang Tidak Ada Rekening Bank Bisa Langsung Daftar Di Situs Museumtoto Saja, Tanpa Rekening Pun Anda Bisa Daftar Bos..

    BalasHapus
  48. ZeusBola - Agen IDN Daftar Dengan BTPN Jenius
    Bisa Deposit Dari Emoney dan Pulsa Tanpa Potongan
    OVO, DANA, LINKAJA, GOPAY dan JENIUS
    Dapatkan Bonus New Member 15%
    Pendaftaran : http://zeusbola20.com

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : 0822 7710 4607

    Daftar S128 Menggunakan Bank BTPN Jenius

    BalasHapus
  49. RAJABOM SLOT PALING GACOR DI INDONESIA

    RAJABOM Deposit sangatlah gampang bos bisa melalui semua jenis Bank ,
    E-wallet (ovo,gopay,dana,sakuku,Link Aja) dan Pulsa.
    Ayo daftar kan sekarang juga di RAJABOM dapatkan maxwin sekarang juga

    Rajabom
    Rajanyaslot
    Rajanyamaxwin

    BalasHapus